Minggu, 04 Maret 2012

Macam-Macam Kebudayaan Asing (3)


Nilai-nilai budaya dasar itu dapat tergambar dalam sebuah novel atau teks prosa lainnya, tentu saja ini dipengaruhi latar belakang dan sikap hidup pengarangnya. Jika pengarangnya mempunyai prinsip hidup budaya timur, sudah dipastikan nilai-nilai budaya yang muncul dalam karyanya adalah nilai-nilai budaya timur.

Bahwa pertentangan antara budaya timur dan budaya barat akan terus terjadi. Macam-macam kebudayaan itu mau tidak mau memang saling bersinggungan. Dan satu hal yang harus di pahami adalah dunia indah karena terciptanya berbagai perbedaaan, begitupun kebudayaan. Jadi, berbeda dalam budaya itu sejatinya adalah sikap yang wajar .
OPINI : Banyak budaya asing yang mempengaruhi budaya Indonesia . Macam-macam kebudayaan asing dapat dibedakan yaitu kebudayaan Barat dan kebudayaan Timur. Dimana masing-masing kebudayaan itu memiliki cara pandang berbeda, misal budaya timur yang cenderung ke arah keagamaan, keharmonisan, dan perasaan antar manusia dan manusia terhadap Tuhan. Dan budaya barat sendiri cenderung ke arah hidup nya atau kemajuan di era globalisasi ini. Untuk itu ada baiknya kita sebagai bangsa Indonesia sudah sepastinya memilih kebudayaan yang baik untuk negeri ini.
SARAN : Budaya barat dan timur jelas sudah memiliki perbedaan, sudah sepantasnya kita warga Indonesia memilih kebudayaan yang baik agar kebudayaan kita sendiri tidak di rusak oleh kebudayaan bangsa asing. Dengan kita menolak kebudayaan asing yang masuk kenegara kita dengan itu kebudayaan bangsa kita bisa tetap utuh nilai kebudayaan dan terjaga nilai-nilai budayanya.(Yudie Setyadi/17111628(1KA30)
Sumber :
http://www.anneahira.com/macam-macam-kebudayaan.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar